Gua Maria Rosa Mystica Jelok Banyurip

Bertempat di Desa Delik Banyu urip terdapat sebuah Gua Maria yang baru dibangun sekitar 15 tahun yang lalu. Walaupun memang tempatnya agak terselip dari kota besar, namun tidak sulit bagi kita untuk mencapai Gua ini.Yang perlu anda cari adalah Jl. Raya Solo – Semarang di Jawa Tengah, setelah anda menemukannya, maka anda harus berhenti di Tuntang wilayah kabupaten Semarang. Apabila anda dari wilayah Semarang, maka di Tuntang anda harus belok kiri. Setelah itu anda ikuti jalan itu terus sampai anda tiba di pertigaan Karanglo dan belok kiri. Ikuti jalan tersebut kira – kira 2 km dan anda sudah akan sampai di lokasi gua.

Secara usia, gua ini memang masih muda dibandingkan dengan berbagai Gua Maria yang sudah ada, namun untuk soal keindahan, gua ini mempunyai keunggulan tersendiri. Lokasi gua yang terletak di atas sebuah bukit membuat kita mampu untuk melihat pemandangan sawah yang menghijau serta merasakan angin yang bertiup cukup kencang dan menyegarkan. Dari puncak bukit itu pula kita bisa melihat pipa – pipa besar milik PLN yang digunakan dalam proyek PLTA di Jelok yang hanya berjarak sekitar 1 km dari lokasi gua. Pemandangan itu menambah indahnya gua Rosa Mystica ini.

Apabila kita mengunjungi gua ini, paling tidak kita harus juga menyempatkan waktu untuk mengunjungi sendang Banyu urip yang terletak di bawah lokasi gua. Dalam bahasa Jawa Banyu berarti air dan urip berarti hidup. Sendang ini diberi nama demikian karena menurut legenda yang pernah berkembang jaman dahulu ada orang yang meninggal dalam perjalanan ke Semarang, setelah dimandikan dengan air dari sendang itu, kemudian dia hidup kembali. Sudah banyak juga kesaksian dari banyak peziarah yang mengaku disembuhkna Tuhan melalui peziarahan mereka ke tempat ini. Nanti saya coba posting informasi yang lebih banyak tentang sejarah Gua Maria ini.

Apabila anda berminat untuk datang ke gua ini, anda bisa bergabung dalam Misa Kudus yang diselenggarakan setiap minggu pertama Jam 10 pagi. Atau anda juga bisa mengikuti persekutuan doa Eukumene setiap hari Jum’at malam. Semoga peziarahan anda dapat membawa berkah yang melimpah bagi anda dan keluarga. Berkah Dalem. Amin.

Tags:

15 Responses to “Gua Maria Rosa Mystica Jelok Banyurip”

  1. dede_superman Says:

    buat pa tu bunda maria d situ….?
    tu kan hanya patung..?
    ngapain musti di sembah yaw….????

    • beny Says:

      saudara dede superman,kalau anda seorang kristiani/ katolik maka saya anda sebagai anak yang hilang dari Kristus,kenapa betapa piciknya anda menganggap patung bunda hanya sekedar patung.saya tidak membayangkan jika seorabg dede tidak ada pernah ada dimuka bumi,mungkin tidak yang bernama dede dan fotomu tidak pernah ada,bahkan dfalam dompet pacarmu.dan kalau anda seorang muslim maka anda adalah orang terbodoh yang pernah ada,karna anda memperdebatkan keyakinan orang,pada anda sendiri tidak pernah mempertanyakan imanmu sendiri.

  2. Sajna Says:

    Hi bang Dede, makasih kunjungannya. Ya,untuk informasi saja,kita orang Katolik sangat menghargai (bukan menyembah) Bunda Maria. Ini salah satunya karena kerelaan Bunda Maria ikut serta dalam karya penyelamatan manusia. Dia memungkinkan cinta Tuhan yang sangat besar kepada manusia diwujudnyatakan dalam kelahiran Yesus Kristus melalui rahimnya.

  3. sandy Says:

    Njas…

    setuju. bukan menyembah bunda maria, apalagi patungnya.. tetapi menghargai apa yang telah dilakukannya..nyatanya melalui Bunda lahirlah Yesus yang menyelamatkan kita semua..

    ada juga temanku waktu au ajak ke gua maria kerep, ak ajak berdoa, dia sempat tanya dulu, ‘kenapa kamu berdoa ma patung?’.. trus aku jawab,’aku berdoa di depan patung yang hanya merupakan suatu tanda bahwa itu tempat untuk berdoa, tidak lebih daripada itu. dan ketika berdoa, pikiranku ke Tuhan, dan sesaatpun tidak pernah ke patung.’

    so, ada patung ataupun tidak, itu sama saja, dan patung tidak mempengaruhi apapun. lalu dia ikut berdoa.

    Njas, piye kabare mudika?
    gereja nggone dewe ki (karanganyar n karanglo) ana lembaga sosiale ra ya? nak dibentuk ketoke apik ya…tugase kaya; ngasi bantuan ma anak2 berprestasi akademik, bantuan korban bencana kalo ada yg membutuhkan, bantuan ke umat yg kurang mampu…py bro?
    alamat kanca2 liyane ana?

    thx n Jbus

    sandy
    banyu urip, st.pius

  4. Tjendra Says:

    Boleh ga copy artikel ini untuk di blogku ?akan kutulis diambil dari address ini… Soalnya aku suka kumpulin foto gua, cuma ga bisa tuh buat deskripsi spt ini :p..sekalian ngenalin gua ini…đŸ™‚ GBu

  5. Sajna Says:

    Silahkan aja Bung Tjendra, makasih dicantumkan sumbernya. Artikel ini juga sudah di kopi di http://www.guamaria.com. Thanks for the visit.

  6. Dody Perdata Says:

    Wah kalau ke daerah Jogja dan Jawa Tengah sekitarnya, saya senang dan bangga sekali soalnya di daerah tersebut banyak sekali tempat ziarah khususnya untuk umat Katolik, namun saya tinggal di Bandung dan ditempat saya jarang sekali tempat ziarah tsb, yang ada di lembang dan subang serta cigugur kuningan, Yang menarik di jawa tengah, bermacam-macam dan ragamnya tempat ziarah tsb maria rosa mystica, maria fatima, maria loundres, Diah Mariah Ganjurah dll. wah menarik dan banyak sekali (ini menunjukkan agar umat beragama wajib dan yakin kepada keyakinan agamanya). Umat di daerah jawa tengah dan sekitarnya sangat menghargai tolenransi dan fludalmentalis, sangat menghargai keberagaman itulah INDONESIA YANG UTUH. Mudah2 kedepan ada travel tour rohani katolik ke tempat2 ziarah khusus di daerah jawa tengah dan indonesia.

  7. beny Says:

    Saudara dede superman,kalau anda seorang kristiani/ katolik maka saya anggap anda sebagai anak yang hilang dari Kristus,karena begitu piciknya anda menganggap patung bunda hanya sekedar patung.saya tidak membayangkan jika seorang dede tidak pernah ada pernah dimuka bumi,mungkin tidak akan ada yang bernama dede dan fotomu tidak pernah ada,bahkan dalam dompet pacarmu.dan kalau anda seorang muslim maka anda adalah orang terbodoh yang pernah ada,karna anda memperdebatkan keyakinan orang lain,pada hal anda sendiri tidak pernah mempertanyakan imanmu sendiri.

  8. Santi Says:

    Lumayan infonya buat bantu2 yah. Saya baru pertama kali ikut ziarah goa maria ke jawa, salah satunya Goa Maria Rosa Mystica ini. Minggu depan saya berangkat. Saya senang sekali loh haha.. Tujuannya saya mau supaya lebih lagi mengenal Tuhan, meneladani Bunda Maria juga. Semoga nanti ziarah saya mendapatkan rahmat Tuhan, menambah iman, dan hikmat atas segala kejadian dalam kehidupan ini.
    Semoga Tuhan memberkati kita semua yah…

  9. mase Says:

    Hati hati berdoa. Jangan kebablasan. Ada ibu2 atao Bapak2 berdoa maria. Menyebut Maria ” Sumber dari segala Rahmat ” Menurut saya ini kebablasan. Bahaya!!!. Bisa2 iblis menjelma mjd malaikat terang…

  10. tamu Says:

    Lokasi Goa Maria Rosa Mystica, bisa ditemukan di maps.google.com. Cari dengan keyword “goa maria semarang”.

  11. Tamu Says:

    Lokasi Goa Maria Rosa Mystica, bisa ditemukan di http://www.maps.google.com. Cari dengan keyword “Goa Maria Semarang”.

  12. Sablon Ruber Says:

    selamat siang,pak…saya warga banyurip,rumah saya timur gos bunda maria jelok,saya akrab di sapa mas wiwid/nama orang tua saya bapak soewardi.saya mau mengajukan kerjasama sektor pariwisata goa maria.
    saya membuka konfeksi dan sablonanse, untuk itu saya mengajukan penawaran penjualan kaos goa maria rosa mistika, dengan konsep tentang goa maria dengan harga kaos yang terjangkau dan kwalitas katun. bila berminat bisa hubungi saya di no, (085228449922)

  13. john andi Says:

    Apa yang dikatakan dede superman ada benernya, klo patung memang itu hanya patung,tapi bukan maksudnya untuk disembah anda salah mas bro dede, umat kristiani menghormati Bunda Maria sebagai Bunda Allah dan Kita semua dengan mengabadikannya dalam wujud patung tsb, yang dimaksudkan sebagai simbolis, dimana saat kita berdoa didepan patung Bunda Maria tsb kita bisa lebih konsentrasi at lebih khusuk, diibaratkan kita berdoa dihadapan Bunda Maria atau Yesus sendiri, kita menyembah tetep kepada Allah Bapa,Allah Putra dan Allah Roh Kudus gtu mas Bro Dede. Buat Mase mungkin bapak2 at ibu2 itu klo menganggap gtu emank keliru, yang bener Bunda Maria sebagai perantara doa kita untuk disampaikan kepada Putra Tunggalnya Yesus Kristus Tuhan kita.Ak amat mendukung forum ini mas bro sajna, bermanfaat buat saring kita. Akurniawan22@ymail.com

  14. alva Says:

    Kenapa ya, hanya di Indonesia saja yang suka memperdebatkan agama,, negara-negara lain kayak arab sekalipun saya datang ke sana gak nanya-nanya tentang agama saya,, INILAH BUKTI INDONESIA BELUM MERDEKA!!
    MERDEKA = KESATUAN

    by the way nice info tambahan wisata rohani..
    ada di google map lho
    http://maps.google.co.id/maps?q=gua+maria+rosa+mystica+tuntang+salatiga&oe=utf-8&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a&um=1&ie=UTF-8&hl=id&sa=N&tab=wl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: