Finding God in all things

Banyak hal yang terjadi dalam hidup, ada kejadian kehidupan yang besar dan menetukan, namun tidak jarang ada juga sisi yang kecil dan terasa tak berarti. Kejadian kehidupan itu datang dan pergi silih berganti mewarnai hidup ini sehingga menjadi dinamis bahkan kadang tidak stabil. Namun, ternyata, dengan refleksi dan keterbukaan hati, satu persatu kejadian dalam hidup ini ternyata punya arti. Bahkan kadang – kadang dengan permenungan yang mendalam, kita bisa menemukan Tuhan dalam berbagai kejadian kehidupan kita. Hal ini, secara tidak sengaja, saya temukan dalam perjalanan hidup saya.

Ketika beberapa hari yang lalu saya mendapat tawaran pekerjaan yang sebetulnya bukan kewajiban utama saya, dua arus besar seperti mewarnai batin saya. Tawaran pekerjaan itu, apabila saya menjawab sanggup, maka konsekuensi yang akan terjadi sangat jelas, yaitu bertambahnya pekerjaan secara luar biasa, tanpa imbalan yang cukup berarti. Namun, di sisi lain, jika saya menyatakan sanggup, kemungkinan besar hal itu akan bisa membawa dampak yang cukup positif bagi orang – orang di sekitar saya. Saat itu, saya tidak tahu pasti apa yang mendorong saya menyatakan sanggup, namun saat ini, saya memaknai hal itu sebagai kehendak Tuhan sendiri, disinilah saya menemukan Tuhan.

Tawaran itu adalah untuk mengadakan kegiatan Live in di desa saya bagi para siswa di tempat saya mengajar. Jelas, ini tawaran yang tidak tepat waktu. Di saat sibuk – sibuknya mempersiapkan Ujian yang sangat penting bagi siswa – siswaku sendiri, tawaran itu datang. Semuanya seakan lebih rumit lagi ketika saya sebagai tuan rumah, tidak diijinkan berada di tempat kegiatan selama kegiatan berlangsung. Itu berarti aku harus bolak – balik dari tempatku mengajar sampai desaku yang jaraknya tidak kurang dari 40 km.

Akhirnya ketika kegiatan itu mulai berjalan, aku masih punya seribu satu keraguan, apakah acara itu dapat berlangsung dengan baik. Namun, seiring waktu berjalan, aku perlahan – lahan terkejut sendiri dengan begitu banyaknya kebetulan – kebetulan yang terjadi dalam acara tersebut. Sampai semua rangkaian kegiatan itu selesai, banyak sekali kejutan – kejutan tak terduga yang membuatku terhenyak sendiri memikirkan betapa terjalin dengan baik dan bermaknanya semua hal itu. Setidaknya, dengan kehadiran acara itu, ada banyak pihak yang bisa lebih tersenyum : Orang – orang di desaku bisa bersyukur mendapat bahan – bahan pokok dengan harga yang murah, teman – teman mudikaku yang kini punya cadangan dana yang lebih banyak untuk terus berkarya, warga dusun Demungan yang setidaknya terbantu dengan batu – batu yang diusung anak – anak, murid – muridku yang (mungkin belum mereka sadari) belajar menghargai orang lain, dan masih banyak lagi hal yang ternyata terjadi karena keenggananku menyatakan “tidak” saat pertama kali ditanya.

Sebelum kegiatan itu berlangsung, saya menemukan situs para Yesuits yang berbicara tentang spiritualitas Ignatian (www.ignatiusloyola.net), kalimat yang betul – betul terrekam dalam ingatan saya adalah “Finding God in All things”. Setelah selesai kegiatan itu, saya merenung dan kalimat itulah yang akhirnya menunjukkan pada saya bahwa dengan kesanggupan saya menerima tawaran itu, saya dituntun untuk menemukan Tuhan dalam berbagai pengalaman kegiatan itu. Saya harap, semua saja yang terlibat dalam kegiatan itu bisa membuka hati mereka dan akhirnya mereka dapat menemukan Tuhan. Sejak saat ini, saya semakin tertarik untuk mendalami spiritualitas Ignatian. Semoga, dengan pengalaman kecil ini, saya dan semua orang akan semakin terarah untuk menemukan Tuhan dalam segala hal. Berkah Dalem.

Tags:

Leave a Reply

